Date: 02-12-2020 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

ANALISIS PENGARUH TINGKAT PEMAHAMAN, KUALITAS PELAYANAN, DAN KETEGASAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK

Detail
Author ALFIATUL LAILI
Category Akuntansi Manajemen dan SIA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah tingkat pemahaman, kualitas pelayanan, dan ketegasan sanksi pajak secara simultan berpengaruh terhadap kepatuhan Wajib Pajak serta apakah tingkat pemahaman, kualitas pelayanan dan sanksi pajak secara parsial berpengaruh terhadap kepatuhan Wajib Pajak dalam membayar pajak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu.Sample dalam penelitian ini berjumlah 100 responden.Data diperoleh melalui kuesioner.Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil uji hipotesis pertama menunjukkan tingkat pemahaman, kualitas pelayanan, dan ketegasan sanksi pajak secara simultan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak. Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukkan bahwa secara parsial ketiga variable bebas yaitu tingkat pemahaman, kualitas pelayanan, dan ketegasan sanksi pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak dan yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap kepatuhan Wajib Pajak adalah variable tingkat pemahaman.