Date: 02-12-2020 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

PENGARUH CSR (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL

Detail
Author ALEXANDER TOESWANDY TOE
Category Akuntansi Manajemen dan SIA

Abstract

Corporate Social Responsibility atau tanggung jawab sosial perusahaan didefinisikan sebagai komitmen bisnis dan kewajiban perusahaan untuk memberikan kontribusi bagi pembangunan ekonomi berkelanjutan,menaati peraturan,mengambil keputusan dan melakukan tindakan sesuai dengan tujuan dan nilai sosial melalui kerja sama dengan para karyawan serta perwakilan mereka, keluarga mereka, komunitas setempat maupun masyarakat umum untuk meningkatkan kualitas kehidupan dengan cara yang bermanfaat baik bagi bisnis sendiri maupun bagi pembangunan. Penelitian ini merupakan penelitian penggulangan dengan objek, tahun dan variabel moderasi penelitian berbeda dari penelitian sebelumnya. Disini peneliti ingin membuktikan kembali apakah CSR berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderating dengan objek perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2012-2014. Metode analisis dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan statistik deskriptif dan model regresi sederhana dan moderasi. Agar model regresi sederhana dan moderasi dapat digunakan dan memberikan hasil yang representatif maka dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, dan uji heterokedastisitas. Uji F digunakan untuk menguji semua variabel independen secara simultan apakah mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan uji t digunakan untuk menguji secara parsial, variabel-variabel independen dalam penelitian ini mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : CSR berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, Profitabilitas sebagai variabel moderating berhasil memoderasi hubungan antara CSR terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini memberikan saran kepada manajemen untuk lebih lengkap dalam mengungkapkan kegiatan CSR dalam laporan tahunannya, dan bagi perusahaan pertambangan diharapkan lebih aktif dalam melakukan CSR yang berhubungan dengan lingkungan dan masyarakat.