Date: 23-11-2020 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

ANALISIS PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, LEVERAGE, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

Detail
Author ELVIRA MARIA DWI RAYMANUS
Category Akuntansi Keuangan dan Auditing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemilikan manajerial, leverage, profitabilitas, ukuran perusahaan, secara simultan dan parsial mempunyai pengaruh signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility (CSR) pada perusahaan pertambangan di Bursa Efek Indonesia Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan yang masuk dalam perusahaan pertambangan di Bursa Efek Indonesia. Pengambilan sampel dilakukan dengan metoda purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 17 pertambangan di Bursa Efek Indonesia. Hasil pengujian menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel kepemilikan manajerial, leverage, profitabilitas, ukuran perusahaan memiliki pengaruh bermakna terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada perusahaan pertambangan Bursa Efek Indonesia. Variabel Kepemilikan manajerial (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR (Y) pada perusahaan Pertambangan yang go public di Bursa Efek Indonesia. Variabel Leverage (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR (Y) pada perusahaan pertambangan yang go public di Bursa Efek Indonesi. Variabel Profitabilitas (X3) berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR (Y) pada perusahaan pertambangan yang go public di Bursa Efek Indonesia. Variabel Ukuran Perusahaan (X4) berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR (Y) pada perusahaan pertambangan yang go public di Bursa Efek Indonesia. koefisien determinasi berganda Adjusted (R square) = 0,611, artinya bahwa kepemilikan manajerial, leverage, profitabilitas, ukuran perusahaan mampu mempengaruhi pengungkapan CSR sebesar 61,1%, sedangkan sisanya 38,9% pengungkapan CSR masih dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel yang diamati.