Date: 23-11-2020 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN JASA LAUNDRY KHARISMA TUBAN

Detail
Author Widya Tri Utaminingrum
Category Manajemen Pemasaran

Abstract

Bisnis jasa laundry akan terus berkembang karena konsumen untuk bisnis ini juga akan semakin bertambah, mengingat bahwa saat ini, kesibukan-kesibukan seakan menjadi suatu hal yang mutlak. Sehingga, setiap orang yang kerjanya yang lembur sampai tengah malam dan tidak sempat untuk mengurus hal yang seperti ini. Oleh karena itu, penyedia jasa di bidang laundry haruslah meningkatkan kualitas layanan mereka agar tetap mampu bertahan dalam persaingan bisnis yang semakin pesat. Karena salah satu kunci sukses usaha jasa khususnya laundry terletak pada pelayanan yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel relationship marketing yang terdiri dari kepercayaan, komunikasi, dan shared value secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Jasa Laundry Kharisma Tuban, dan untuk mengetahui variabel relationship marketing yang terdiri dari kepercayaan, komunikasi, dan shared value secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Jasa Laundry Kharisma Tuban Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang menggunakan jasa laundry Kharisma di kota Tuban. Jumlah sampel yang diteliti ditetapkan sebanyak 100 responden sampel dengan cara accidental sampling. Hasil pengujian membuktikan bahwa variabel bebas yang terdiri atas Kepercayaan, Komunikasi, Shared Value secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan yang menggunakan jasa Kharisma Laundry Tuban. Hasil penelitian membuktikan variabel Kepercayaan, Komunikasi Shared Value secara parsial mempunyai pengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan menggunakan jasa Kharisma Laundry Tuban