Date: 23-11-2020 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

PENGARUH WEBSITE QUALITY DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS MELALUI PERSEPSI PELANGGAN ONLINE SHOP “LOVELY”

Detail
Author SILVIA MEGAWATI
Category Manajemen Pemasaran

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui pengaruh Website Quality terhadap loyalitas pelanggan, (2) mengetahui pengaruh Website Quality terhadap persepsi konsumen, (3) mengetahui pengaruh kepercayaan Website terhadap loyalitas pelanggan, (4) mengetahui pengaruh kepercayaan Website terhadap persepsi konsumen dan (5) mengetahui pengaruh persepsi konsumen terhadap loyalitas pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan online shop Lovely sebanyak 1.224 orang karyawan (per tanggal 13 April 2016) dan diambil 92 orang sebagai sampel penelitian dengan teknik sampling acak sederhana (simple random sampling). Alat analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Dari hasil analisis dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) Website Quality berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (?YX1=0,227), (2) Website Quality berpengaruh signifikan terhadap persepsi konsumen (?ZX1=0,323), (3) Kepercayaan Website berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (?YX2=0,379), (4) Kepercayaan Website berpengaruh signifikan terhadap persepsi konsumen (?ZX2=0,261), (5) Persepsi konsumen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (?YZ=0,345), (6) Pengaruh langsung website quality terhadap loyalitas pelanggan lebih tinggi dari pada pengaruh tidak langsung website quality terhadap loyalitas pelanggan melalui persepsi konsumen. (7) Pengaruh langsung kepercayaan website terhadap loyalitas pelanggan lebih tinggi dari pada pengaruh tidak langsung kepercayaan website terhadap loyalitas pelanggan melalui persepsi konsumen.