Date: 23-11-2020 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

PENGARUH KEPERCAYAAN, HARGA, KEMUDAHAN, DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE

Detail
Author SEPFRUDIN FIRSA
Category Manajemen Pemasaran

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat termasuk internet ternyata memberi dampak yang besar bagi seluruh aspek yang ada, tidak terkecuali perkembangan pada dunia bisnis dan pemasaran. Dengan berkembangnya tekhnologi yang cepat membuat banyak orang menggunakan tekhnologi itu untuk melakukan transaksi jual beli menggunakan internet. Hal ini tidak aneh mengingat jumlah pengguna internet yang terus bertumbuh pesat dapat menjadi sebuah pasar yang potensial untuk dimasuki para pebisnis dan aktualisasi belanja yang terjadi sangat cepat, nyaman, serta dilakukan di mana saja dan kapan saja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauhmana variabel Kepercayaan, Harga, Kemudahan, dan Kualitas Informasi secara simultan mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian secara online di Toko Online OLX.com, untuk mengetahui sejauhmana variabel Kepercayaan, Harga, Kemudahan, dan Kualitas Informasi secara parsial mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian secara online di Toko Online OLX.com., dan untuk mengetahui manakah di antara variabel Kepercayaan, Harga, Kemudahan, dan Kualitas Informasi yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian secara online di Toko Online OLX.com Populasi dari penelitian ini adalah pengguna situs jual beli online toko OLX.com di kota Malang. Dalam penelitian ini menggunakan metode quotted sampling sebesar 100 responden dan dalam penelitian ini elemen populasi yang dipilih berdasar sampel dibatasi pada elemen-elemen yang dapat membentuk informasi berdasarkan pertimbangan. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pertama yang menyatakan bahwa Kepercayaan, Harga, Kemudahan, dan Kualitas Informasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian di website OLX.com karena nilai F hitung 39,665 lebih besar dari F tabel 2,46 pada tingkat signifikan 0,000 lebih kecil (<) 5%. Kepercayaan, Harga, Kemudahan, dan Kualitas Informasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di website OLX.com karena Dari hasil uji t hitung peubah Kepercayaan (X1), sebesar 2,203 dengan tingkat signifikan (p) 0,030, Harga (X2) sebesar 3,959 dengan tingkat signifikan (p) 0,000, Kemudahan (X3) sebesar 2,106 dengan tingkat signifikan (p) 0,038, Kualitas Informasi (X4) sebesar 4,802 dengan tingkat signifikan (p) 0,000 lebih besar dari t tabel sebesar 1,661. Kualitas informasi berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian di OLX.COM Hasil perhitungan koefisien regresi (B) menunjukkan bahwa variabel kualitas informasi (X4) mempunyai koefisien regresi sebesar 0,367 lebih besar daripada koefisien regresi (B) peubah kepercayaan (X1) sebesar 0,296, peubah harga (X2) sebesar 0,362, dan peubah kemudahan (X3) sebesar 0,261