Date: 26-05-2019 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Intervening

Detail
Author Alfan Aulia Pradistianto
Category Manajemen Sumber Daya Manusia

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Dampak dari Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Loka Malang City Point Dieng Dan Pasar Blimbing, Dampak dari Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Loka Malang City Point Dieng Dan Pasar Blimbing, Dampak dari Kualitas Layanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Loka Malang City Point Dieng Dan Pasar Blimbing, Dampak dari kualitas layanan terhadap loyalitas melalui kepuasan Pelanggan Pasar Modern Loka Malang City Point Dieng dan Pasar Tradisional Blimbing, Dampak dari perbedaan loyalitas di pasar modern dan pasar tradisional. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Pasar Tradisional Blimbing dan pelanggan Loka Malang City Point yang berjumlah masing-masing 50 pelanggan. Pengujian item masing-masing variabel pada penelitian ini menggunakan program SPSS. Sampel yang akan diambil adalah 50 responden Pasar Tradisional Blimbing dan 50 responden Loka Malang City Point. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: (1) Kualitas Layanan berpengaruh positif terhadap Loka Malang City Point Dieng, artinya semakin tinggi kualitas layanan maka loyalitas pelanggan meningkat. (2) Kepuasan Pelanggan berpengaruh positif terhadap Loka Malang City Point Dieng. Artinya semakin tinggi kepuasan pelanggan, maka loyalitas pelanggan meningkat. (3) Dari besarnya koefisien determinasi (R2) = 0,365 berarti bahwa besarnya sumbangan kualitas layanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 36,5% dan sisanya 63,5% dipengaruhi oleh peubah bebas lain yang tidak diteliti.