Date: 18-01-2020 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

PENGARUH BAURAN RITEL (RETAILING MIX) TERHADAP KEPUASAN DALAM MEMBENTUK LOYALITAS PELANGGAN INDOMARET PUNTODEWO

Detail
Author Muhammad Hallin
Category Manajemen Pemasaran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh bauran ritel yang terdiri atas produk, harga, promosi, tempat, pelayanan, dan presentasi terhadap kepuasan pelanggan dan untuk menganalisis pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan Indomaret Puntodewo di Kota Malang. Pada penelitian ini, sampel yang diambil sebanyak 100 responden.Teknik pengambilan sampel yaitu dengan probability sampling dengan metode purposive sampling. Teknik untuk pengumpulan data yaitu dengan metode survei dengan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Analisis data menggunakan software SmartPLS versi 2.0. Data harus memenuhi asumsi-asumsi SEM-PLS terlebih dahulu sebelum dapat diuji lebih lanjut pada uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa outer model maupun inner model dari teori-teori dan data yang telah diolah dapat digunakan untuk melakukan uji hipotesis. Untuk memenuhi asumsi outer model dilakukan dengan pengujian unidimensionalitas, discriminant validity, Average Variance Extracted (AVE), composite reliability, dan Crobach’s Alpha. Sedangkan untuk memenuhi asumsi inner model dilakukan dengan pengujian R-Square (R2), Predictive Relevance (Q2), dan Goodness of Fit (GoF). Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji signifikansi t-statistik dan metode Sobel untuk menganalisis variabel intervening. Pengujian hipotesis pertama menunjukkan bahwa produk, harga, tempat, dan presentasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan promosi dan pelayanan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Pada hipotesis kedua, produk dan harga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Sedangkan promosi, tempat, pelayanan, dan presentasi tidak berpengaruh secara signifikan. Pada hipotesis ketiga, kepuasan pelanggan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Pengujian hipotesis keempat, kepuasan memiliki pengaruh yang tidak signifikan dalam meningkatkan loyalitas pelanggan melalui bauran ritel.