Date: 18-01-2020 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

ANALISIS PENGARUH FASILITAS DAN PELAYANAN WISATA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI BATU NIGHT SPECTACULAR (BNS)

Detail
Author Yoga Andhika Putra
Category Manajemen Pemasaran

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kepuasan pengunjung terhadap fasilitas dan kualitas pelayanan wiasata batu night spectacular Adanya pariwisata dasar utamanya adalah pemenuh kebutuhan dan menciptakan rasa puas kepada konsumen salah satu cara untuk memuaskan konsumen dengan cara memberikan kulaitas pelayanan kepada konsumen dengan sebaik baiknya. Dengan pelayanan yang terbaik untuk konsumen akan merasa senang dan nyaman ketika berkunjung, tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh fasilitas wisata dan pelayana terhadap konsumen di Batu night spectacular (BNS) penelitian ini menunjukan dari Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Batu night spectacular, sampel penelitian berjumlah 130 orang metode pengambilan sampel menggunakan accindental sampling. Analisi data yang di gunakan adalah analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan variabel fasilitas memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen .variabel Pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen Hasil uji f menunjukan bahwa kedua variable fasilitas dan pelayanan Bersama sama atau simultan berpengaruh signifikan, angka adjusted R square 0,622 menunjukan bahwa 62,2 persen variable kepuasan konsumen di pengaruhi oleh variabel bebas yang di teliti yaitu variable fasilitas dan pelayanan sendangkan sisanya sebesar 37,8 persen merupakan variabel lain yang tidak di bahas dalam penelitian ini.pihak pengelola Batu night spectacular perlu memperhatikan perbaikan dan perawatan fasilitas wisata yang ada. Dari variabel pelayanan pengelola diharapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan