Date: 18-02-2020 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

PENGARUH MERCHANDISING, BASIC PRINCIPLES, DAN SERVICES TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOSERBA ABM Malang (Studi Pada Customer Toserba ABM Malang)

Detail
Author Mareta Eka Pratama
Category Manajemen Pemasaran

Abstract

Fenomena munculnya berbagai perusahaan pengecer besar di Indonesia dalam bentuk toko modern berlaku juga di Malang. Hal ini mendorong perusahaan pengecer besar untuk tetap melakukan penelitian terhadap perilaku para konsumennya. Salah satu perilaku konsumen yang harus diteliti adalah kepuasan mereka dalam berbelanja di toko modern. Kepuasan konsumen bergantung pada pelayanan yang diberikan , apakah sesuai dnegan harapan pelanggan atau tidak, karena hal tersebut merupakan salah satu kunci keberhasilan perusahaan pengecer besar untuk mempertahankan dan mendatangkan pelanggannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bauran pemasaran ritel yang terdiri dari Merchandising, Basic Principles, dan Services secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Toserba ABM di Kota Malang, dan untuk mengetahui manakah diantara variabel Merchandising, Basic Principles, dan Services yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian pada Toserba ABM di Kota Malang. Populasi dari penelitian ini adalah 200 konsumenToserba ABM Malang pada 7 hari berturut-turut yaiitu hari senin-minggu dan jumlah sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Pengambilan sampel atau tehnik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah quotted sampling. Hasil pengujian membuktikan bahwa variabek bebas yang terdiri atas Merchandising, Basic Principles, dan Services secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian berbelanja di Toserba ABM Malang. Hasil penelitian membuktikan bahwa Merchandising mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian berbelanja di Toserba ABM Malang. Hasil Adjusted R Square = 0,545 dapat dikatakan bahwa 54,5%Keputusan pembelian berbelanja di Toserba Abm Malang ( Y ) mampu dijelaskan oleh variabel Merchandising ( x1) , basic principles ( x2 ) , dan services (x3) secara bersama-sama dan sisanya 45,5 % disebabkan oleh variabel lain yang tidak termasuk model dalam penelitian ini.