Date: 29-03-2020 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Konsumen Pengrajin Tenun di Dusun Sasak ‘Sade’ Lombok Tengah)

Detail
Author Ocktavia Putri
Category Manajemen Pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, kualitas layanan dan harga terhadap keputusan pembelian pada konsumen pengrajin tenun di dusun sasak ‘sade’ Lombok Tengah. Dimana variabel independen yaitu kualitas produk (X1), kualitas layanan (X2), dan harga (X3) mempengaruhi keputusan pembelian (Y) sebagai variabel dependennya. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan pengrajin tenun di dusun sasak ‘sade’ Lombok Tengah. Sampel diambil sebanyak 60 orang responden dengan menggunakan teknik Accidental Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survei melalui kuisoner yang diisi oleh pelanggan. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Regresi Berganda, Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis melalui Uji t, dan Uji Determinasi serta analisis. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi : Y = 0.148 + 0.250 X1 + 0.196 X2 + 0.154 X3. Berdasarkan analisis data statistic, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Pada penguji asumsi klasik, model regresi bebas multikolonieritas tidak terjadi heterosdastisitas, dan berdistribusi normal. Secara individual, variabel yang memiliki pengaruh paling besar adalah variabel kualitas produk dengan koefesien regresi sebesar 0.250, kemudian diikuti oleh variabel kualitas layanan dengan koefisien regresi 0.196, dan varibel harga dengan koefisien 0.154. pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas produk, kualitas layanan, dan harga terbukti secara signifikan memepengaruhi variabel dependen keputusan pembelian. Angka Adjust R Square sebesar 0.766 menunjukkan bahwa variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel kualitas produk, kualitas layanan, dan harga, sedangkan sisanya 23.4% dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini.