Date: 18-02-2020 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA STIE MALANGKUÇEÇWARA

Detail
Author Yonas Saputro
Category Manajemen Pemasaran

Abstract

Persaingan dalam industri jasa pendidikan semakin ketat. Untuk bisa bertahan dalam persaingan, institusi harus memiliki strategi pemasaran yang baik dan tepat. Perguruan tinggi dituntut untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi mahasiswa. Mahasiswa yang puas dengan pelayanan yang diberikan institusi akan memberikan manfaat juga bagi institusi. Faktor yang menentukan kepuasan mahasiswa salah satunya adalah kualitas pelayanan akademik yang terdiri dari lima dimensi kualitas pelayanan. Tujuan pertama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh variabel bukti fisik (X1), kehandalan (X2), daya tanggap (X3), jaminan (X4), dan empati (X5) terhadap kepuasan mahasiswa (Y). Kedua untuk mengetahui manakah diantara pengaruh variabel bukti fisik (X1), kehandalan (X2), daya tanggap (X3), jaminan (X4), dan empati (X5) yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan mahasiswa (Y). Adapun yang menjadi sampel dari penelitian ini adalah 100 mahasiswa STIE Malangkuçeçwara dari total 1.500 mahasiswa. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil dari analisis berganda Y = 0,618 + 0,115X1 + 0,142X2 + 0,137X3 + 0,122X4 + 0,067X5 di jelaskan bahwa variabel bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati mempunyai koefisien yang bertanda positif terhadap kepuasan mahasiswa. Berdasarkan hasil pengujian regresi linear berganda di ketahui bahwa variabel bukti fisik (X1) merupakan variabel yang dominan berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa STIE Malangkuçeçwara dengan nilai ? standardized coefficients sebesar 0,239 serta dengan nilai signifikansi 0,027 < 0,05. Didukung pula dengan koefisien determinasi yang di sesuaikan R Square 0,385 artinya 38,5% variasi dari semua variabel bebas bukti fisik (X1), kehandalan (X2), daya tanggap (X3), jaminan (X4), dan empati (X5) dapat menerangkan variabel terikat kepuasan mahasiswa (Y).