Date: 20-09-2020 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

PENGARUH MANAJEMEN LABA TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERODE 2014 2016 ( Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2014 2016 )

Detail
Author Veronika Juwita Jakoba Ure Manuk
Category Akuntansi Keuangan dan Auditing

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh Manajemen Laba terhadap corporate social responsibility dan kinerja keuangan perusahaan. Laba merupakan salah satu parameter penting dalam laporan keuangan yang digunakan untuk menaksir kinerja manajer. Perusahaan menjadi bagian dari suatu komunitas dan lingkungannya sendiri. Dampak yang ditimbulkan dari aktivitas perusahaan, akan sangat berpengaruh terhadap masyarakat sekitarnya,sehingga apa yang dilakukan oleh pihak perusahaan akan kembali lagi kepada masyarakat tersebut. Oleh karena itu,manajemen perusahaan membutuhkan dukungan dari lingkungan masyarakat yang kondusif agar perusahaan dapat beroperasi dengan tenang contohnya seperti CSR. Dalam penelitian ini manajemen laba diukur dengan menggunakan model sederhana dari Healy sedangkan corporate social responsibility diukur dengan indeks GRI dan kinerja keungannya diukur dengan menggunakan ROE. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tiga periode (2014 -2016). Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 29 perusahaan sehingga didapatkan 87 amatan selama tiga perode dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi. Penelitian ini juga menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan (Annual Report) perusahaan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa manajemen Laba berpengaruh terhadap corporate social responsibility karena dari hasil penelitian menunjukkan tingkat pengungkapan CSR cenderung berpengaruh negatif terhadap manajemen laba karena dengan tujuan perusahaan mengungkapkan banyak informasi tentang aktivitas CSR adalah untuk membentuk profil organisasi yang baik. Oleh karena itu, mereka akan lebih berhati-hati dalam melakukan praktik manipulasi laba karena tidak konsisten dengan tujuan pembentukan profil tersebut. Sedangkan manajemen laba berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan karena dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi diharapkan dapat mengurangi tingkat pengangguran yang ada di Indonesia. Berdasarkan teori signaling bahwa laba dapat memberikan sinyal yang positif mengenai prospek perusahaan di masa depan perusahaan. Dengan adanya pertumbuhan laba yang terus meningkat dari tahun ke tahun, akan memberikan sinyal yang positif mengenai kinerja perusahaan.