Date: 18-01-2020 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

PENGARUH PENGUNGKAPAN COORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN DAN NILAI PERUSAHAAN

Detail
Author Deha Nandaresta Pradana
Category Akuntansi Keuangan dan Auditing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan Coorporate Social Responsibility (CSR) terhadap Profitabilitas perusahaan dan Nilai perusahaan. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah nilai perusahaan dengan menggunakan Tobinís Q dan profitabilitas dengan menggunakan ROE. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Coorporate Social Responsibility (CSR) dengan menggunakan CSRD. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor pertambangan yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2014-2016. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 39 dari 13 perusahaan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis PLS (Partial Least Square) melalui software SmartPLS versi 2.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Coorporate Social responsibility (CSR) berpengaruh signifikan terhadap Pofitabilitas perusahaan dan Nilai perusahaan