Date: 07-12-2019 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

PENGARUH PAJAK PERTAMBAHAN NILAI DAN PAJAK PENJUALAN ATAS BARANG MEWAH TERHADAP DAYA BELI KONSUMEN KENDARAAN BERMOTOR RODA EMPAT (Studi Pada Toyota AUTO 2000 Malang Sukun)

Detail
Author Dedi Rustandi
Category Manajemen Pemasaran

Abstract

Pajak merupakan kewajiban yang harus dibayar oleh masyarakat baik pribadi maupun badan dari pendapatan atau penghasilanya kepada pemerintah di tujukan untuk kegiatan pembangunan di segala bidang. Pajak merupakan iuran seseorang yang wajib di bayarkan kepada kas negara, untuk membiayai pengeluaran negara dalam rangka meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengenaan pajak pertambahan nilai dan pajak penjualan atas barang mewah terhadap daya beli konsumen. Penelitian ini di lakukan di kantor Toyota AUTO 2000 Malang Sukun yang terdapat di wilayah kota Malang tahun 2018 dengan menjadikan konsumen wajib pajak sebanyak 95 orang sebagai sample dengan rumus slovin. Pengumpulan data di lakukan dengan menyebarkan kuesioner dan teknik analisisnya regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis di ketahui bahwa penganaan pajak pertambahan nilai dan pajak penjualan atas barang mewah terhadap daya beli konsumen berpangaruh signifikan. Penelitian ini menunjukan bahwa pajak pertambahan nilai dan pajak penjualan atas barang mewah berpengaruh secara serempak terhadap daya beli konsumen0 Pengenaan pajak pertambahan nilai dan pajak penjualan atas barang mewah berpengaruh positif signifikan terhadap daya beli konsumen, jika pajak pertambahan nilai meningkat maka daya beli konsumen akan meningkat begitu juga pada penjualan pajak barang mewah, apabila pajak penjualan barang mewah meningkat maka daya beli konsumen akan meningkat.