Date: 06-12-2019 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA DENGAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI Periode 2015-2016)

Detail
Author Ella Excavani
Category Akuntansi Manajemen dan SIA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh ukuran perusahaan pada manajemen laba melalui pengungkapan corporate social responsibility. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2016. Jumlah sampel 64 perusahaan diperoleh dengan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini ukuran perusahaan merupakan variabel independen, manajemen laba merupakan variabel dependen, dan pengungkapan corporate social responsibility merupakan variabel intervening. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi non partisipan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis). Penelitian ini menemukan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif pada pengungkapan corporate social responsibility. Hal ini menggambarkan bahwa peningkatan ukuran perusahaan akan meningkatkan pengungkapan corporate social responsibility. Ukuran perusahaan berpengaruh negatif pada manajemen laba. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan ukuran perusahaan akan menyebabkan terČjadinya penurunan manajemen laba. Pengungkapan corporate social responsibility berpengaruh negatif terhadap manajemen laba. Kondisi ini menggambarkan bahwa peningkatan pengungkapan corporate social responsibility akan menyebabkan terČjadinya penurunan manajemen laba. Pengungkapan corporate social responsibility mampu memediasi pengaruh ukuran perusahaan terhadap manajemen laba. Hal ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh negatif pada manjemen laba melalui pengungkapan corporate social responsibility.