Date: 18-01-2020 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

ANALISIS PERBEDAAN TINGKAT PEMAHAMAN MAHASISWA TERHADAP MATAKULIAH FUNDAMENTAL ACCOUNTING 1 : Berbasis Asal Jurusan SLTA

Detail
Author Hermayanti
Category Akuntansi Keuangan dan Auditing

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji tingkat pemahaman karena perbedaan latar belakang SLTA mahasiswa terhadap matakuliah Fundamental Accounting 1 dilihat dengan menggunakan indikator tingkat pemahaman konsep dasar akuntansi. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa dari tiga hipotesis yang diajukan semuanya diterima. Hal tersebut ditunjukkan dengan H1 dari hasil uji pada ANOVA diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap tingkat tingkat pemahaman Fundamental Accounting 1 antara mahasiswa yang berasal dari SMA jurusan IPA dan SMK jurusan Akuntansi sebesar 6,18 (sig. 0,080). H2 dari hasil uji pada ANOVA diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap tingkat tingkat pemahaman Fundamental Accounting 1 antara mahasiswa yang berasal dari SMA jurusan IPA dan SMA jurusan IPS sebesar 5,08 (sig. 0,000). H3 dari hasil uji pada ANOVA diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap tingkat tingkat pemahaman Fundamental Accounting 1 antara mahasiswa yang berasal dari SMA jurusan IPS dan SMK jurusan Akuntansi sebesar 11,26 (sig. 0,001).