Date: 08-08-2020 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP PROFITABILITAS DAN HARGA SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Sektor Industry Barang Konsumsi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2016)

Detail
Author Patricia Meyana Dikpasari
Category Akuntansi Keuangan dan Auditing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan dari Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap profitabilitas dan harga saham pada perusahaan manufaktur yang bergerak di sektor industry barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2016. Pada penelitian ini menggunakan data kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis regresi linear sederhana dengan dua kali pengukuran yaitu untuk mengukur pengaruh CSR terhadap profitabilitas dan untuk mengukur pengaruh CSR terhadap harga saham. Pada penelitian ini profitabilitas diukur menggunakan rasio return on equity (ROE) sedangkan harga saham diukur dengan menggunakan closing price saham dari setiap perusahaan. Berdasarkan hasil pengujian, pada hipotesis pertama bahwa variabel corporate social responsibility (CSR) berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas (ROE). Sedangkan pada hipotesis kedua ditemukan bahwa corporate social responsibility (CSR) berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham. Jadi kedua hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima